Dul Jaelani : Suka Mobil Klasik

Suara.com – Muncul di kantor Suara.com diantar sebuah Sport-Utility Vehicle (SUV) Mercedes-Benz, pemusik Abdul Qodir Jaelani atau lebih dikenal sebagai Dul Jaelani berbagi beberapa cerita bernuansa otomotif. Khususnya saat ia masih kecil.

“Ayah dahulu mengajarkan: anak lelaki harus tahu dunia otomotif, meski kapasitasnya tidak banyak. Ini penting buat pengetahuan sehari-hari,” ungkap bungsu dari Maia Estianty dan Ahmad Dhani itu.

Hal ini, ungkap penulis lirik sekaligus pelantun lagu Taklukkan Dunia yang dibawakan secara live di studio Suara.com, termasuk hal cukup serius. Sang bapak pun memiliki sahabat, yang piawai soal pengetahuan otomotif dan modifikasi mobil.

“Teman Ayah inilah yang memberitahu, semisal ingin ngebut, harus begini, harus begitu, kecepatan mesti ditambah, menggunakan mesin kapasitas begini dan begitu,” jelasnya.

Bila sang bapak bersohib dengan pakar otomotif, Dul juga tak “kalah”. Dua sahabat terdekatnya di bangku SMP terjun ke dunia balap sejak belia.

“Mereka ikut balap di Sirkuit Sentul Bogor, dan saya menonton mereka unjuk kebolehan. Rasanya seru banget, akan tetapi memang jalannya berbeda, kalaupun saya suka dunia otomotif, jatuhnya lebih ke modifikasi ringan, seperti ganti velg besar. Beda dengan Al (abangnya tertua, Ahmad Al Ghazali), yang bermain modifikasinya lebih serius,” cerita lajang yang piawai bermain bass serta dahulu menjadi backing vokal di grup musik tiga bersaudara Al-El-Dul bernama The Lucky Laki.

Seiring berjalannya usia, Dul Jaelani menyebutkan bahwa kini ia lebih menyukai mobil klasik.

“Pendeknya, melihat yang klasik-klasik, zaman old begitu, rasanya suka,” ungkapnya sembari menebarkan senyum. “Terutama jenis-jenis VW yaitu kodok (Beetle) dan kombi (Transporter). Tampaknya begitu unik dan mantap.”