Vera, Truk Listrik Berteknologi Canggih

Suara.com – Perusahaan otomotif terkenal Swedia, Volvo belum lama ini memperkenalkan sebuah truk listrik konsep bernama Vera, di Berlin, Jerman.

Menariknya, meski bertenaga listrik, truk itu mampu menggendong trailer berukuran standar dengan beban maksimal hingga 32 ton.

Selain itu, Vera terhubung ke pusat kontrol transportasi melalui layanan Cloud. Dengan begitu, laju kendaraan bisa selalu terawasi mulai dari posisi, persyaratan layanan dan jumlah muatan yang dibawa.

“Kami menggunakan kendaraan otonom tanpa emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang rendah,” ujar Wakil Presiden Otonom Solusi Volvo, Mikael Karlsson, dikutip dari Carcoops, Jumat (14/9/2018).

Mikael Karlsson menambahkan, solusi yang tersemat juga dapat memantau infrastruktur jalan yang akan dilewati. Sehingga dapat memprediksi waktu distribusi.

Namun dalam hal ini Vovlo belum membeberkan seperti apa sumber tenaga yang ditawarkan. Hanya saja kabarnya, truk listrik ini akan dibekali motor listrik 185 kW dan paket baterai lithium-ion antara 100 dan 300 kWh. Dengan bekal ini truk diklaim dapat melaju hingga 300 km.

Selanjutnya Vera model produksi akan dikembangkan perusahaan mobil asal Swedia  ini, dengan waktu peluncuran yang belum disebutkan.