Honda Suntik Dana ke GM untuk Pengembangan Mobil Otonom

Suara.com – Honda dikabarkan telah menemui kesepakatan dengan General Motors (GM) untuk mengembangkan proyek mobil otonom bertajuk GM Cruise. Dengan adanya perjanjian bersama ini, produsen kendaraan roda empat (R4) asal Jepang ini akan menginvestasikan dana senilai 2 miliar dolar Amerika Serikat.

Nantinya, Honda akan bekerjasama dengan GM untuk mengembangkan GM Cruise sehingga bisa diproduksi massal untuk kebutuhan global.

“Ini akan menjadi sebuah kerjasama yang membuat kami bergerak jauh lebih luas,” tutur Dan Ammann, President GM, seperti dikutip dari Carcoops, Jumat (12/10/2018).

Markas General Motors di Detroit. [shutterstock]Markas General Motors di Detroit. [shutterstock]

Keputusan Honda melakukan investasi bisa dibilang sebagai salah satu bentuk perubahan budaya dari produsen otomotif Jepang. Pasalnya selama ini Honda lebih fokus mengembangkan performa produk mereka sendiri. Namun ke depannya bakal semakin mengembangkan R4 masa depan.

Selain Honda, Softbank yang merupakan perusahaan telekomunikasi asal Jepang juga tertarik menanamkan investasi sebesar 2,2 miliar dolar Amerika Serikat. Dengan penggabungan kedua perusahaan Negara Matahari Terbit itu, Cruise diharapkan mamapu berkembang lebih cepat. Dan ditargetkan, mereka mampu menjadi salah satu pemimpin dalam penggunaan mobil otonom di masa depan.

Selama ini, GM Cruise digambarkan sebagai salah satu mobil otonom dengan teknologi paling aktual. Dan sejauh ini, para produsen otomotif kebanyakan bersaing untuk mengembangkan mobil otonom yang kemudian dijadikan sebagai taksi online.